Perkembangan Cloud Computing di Indonesia


Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk pasar cloud computing. Tren ini terus berkembang dengan pesat dan mulai populer di berbagai perusahaan di Indonesia.

Tren cloud computing dalam 5 tahun terakhir telah berkembang dengan rata rata 48% per tahun, dan hal itu lebih besar dari perkembangan global dunia.

Perusahaan lokal Indonesia mulai mengadopsi cloud untuk menghemat biaya operasional perusahaan. Seiring dengan peraturan pemerintah Indonesia untuk mendevelop data center dan virtualisasi secara lokal.

Sebelum tren cloud ini hadir, perusahaan biasanya menyimpan data di data center mereka sendiri atau biasa disebut on premises. Namun masalahnya adalah, mengoperasikan data center sendiri memerlukan biaya yang besar disertai biaya maintenance, update software dan biaya lain yang juga tidak murah. Dengan melakukan migrasi ke cloud, perusahaan bisa menghemat biaya yang berhubungan dengan operasional data center.

Mengetahui bahwa permintaan atas teknologi cloud di Indonesia yang semakin tinggi, perusahaan IT lokal maupun luar mulai berlomba lomba untuk menawarkan jasa cloud kepada pemilik bisnis di Indonesia.

Microsoft adalah pemain besar di cloud computing, sebagian besar perusahaan di Indonesia menggunakan jasa cloud dari Microsoft. Menurut Microsoft Indonesia, mereka juga berkolaborasi dengan 20 sekolah dalam rangka mempermudah akses dunia pendidikan melalui cloud.

Amazon Web Services atau lebih dikenal dengan AWS, merupakan perusahaan IT dari luar yang juga ikut dalam persaingan cloud computing di Indonesia. AWS menyediakan banyak pilihan virtual private server yang scalable, program manajemen database, remote storage, dan berbagai solusi penyimpanan berbasis cloud.

Datacomm Cloud Business atau DCB sebagai salah satu provider cloud di Indonesia yang didukung pengalaman lebih dari 27 tahun dengan 500 pekerja profesional, telah berinvestasi dengan menyediakan data center lokal sesuai dengan regulasi pemerintah mengenai keharusan data center berada di wilayah Indonesia yang menjamin kontinuitas bisnis anda. Dengan sertifikasi internasional ISO 9000, ISO 27001 and ISO 20000 untuk memberikan keamanan maksimal bagi client nya.

Perusahaan seperti AGIT, Oracle and VMWare juga menawarkan jasa konsultasi dan development cloud di Indonesia. Mereka bersaing dengan perusahaan-perusahan IT lokal untuk memperebutkan pasar cloud di Indonesia.

Demikian juga dengan Telkom Cloud, Infinys System Indonesia pun menyediakan solusi cloud seperti komunikasi, kolaborasi, storage berbasis cloud untuk bisnis di Indonesia.

Ada juga forum yang concern di area cloud computing semisal Indonesia Cloud Forum (ICF) dan Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI). Kedua asosiasi tersebut memberikan edukasi mengenai cloud computing yang bisa digunakan oleh enterpreneur dalam menjalankan bisnis cloud di Indonesia.

Previous
Next Post »
0 Komentar