Biya dan Sepeda Roda Dua


Ayo kak.... Gowes yang kencang !

Kalian bisa kan naik sepeda gaes ? Inget ga pertama kali belajar naik sepeda ? Pernah jatuh dong ya, atau nabrak gt ? Haqul Yaqin kalian yang belajar sepeda pernah ngalamin :)

Ini cerita anak pertama ane yang sedang belajar naik sepeda.....

"Abi, roda nya copot nih", teriak Biya suatu hari, ternyata roda kecilnya copot. Hmm kesempatan nih buat ngajarin si kakak sepeda roda dua pikirku.

"Kak abi copot ya roda satu lagi, nanti kita belajar sepeda roda dua mau ga", rayu ane.

"Yaudah" jawabnya singkat. Yess akhirnya dia mau :)

Singkatnya ane buka roda kanan kiri sepedanya, dan tadaaa kurang dari 15 menit dah jadi deh sepeda roda 2 :)

Ga mudah ya ngajarin anak naik sepeda, mental anak juga perlu dibentuk dulu, ga bisa instant.

Awalnya Biya ga pede dan agak takut, dan perlu berkali kali diyakinkan, "Abi pegangin dari belakang ya ?" Pintanya, "iya abi pegangin kak" ane jawab.

Berkali kali dia jatuh dan terlihat putus asa, tapi ane yakinkan kalau dia bisa, ini adalah pelajaran hidup bahwa berapa kalipun kamu jatuh, kamu harus bangkit dan mencoba lagi dan lagi.

Hmmm ngebayangin juga kalau Basel belajar sepeda nanti, cuma dia sekarang sedang fokus banget berlatih basket. Catatan mengenai Basel yang berlatih basket bisa dibaca disini : Melompat Lebih Tinggi

Dan karena cuma weekend waktu yang kita punya untuk latihan sepeda, walhasil butuh berkali kali minggu untuk mengasah mental dan teknik bersepedanya.

Oh satu lagi, ketika teman temannya yang sudah bisa bersepeda menonton dia latihan, Biya mulai terlihat malu dan kurang pede. Motivasi dengan mengatakan, "you must prove yourself kak" kamu harus menjawab para peragu dengan kemampuanmu, biarkan mereka melihat proses kamu belajar, biarkan mereka menertawakanmu ketika kamu jatuh, toh ketika kamu nanti sudah bisa semuanya itu tidaklah berarti.

Dengan sedikit mengusap air matanya yang hampir jatuh, dia lanjutkan berlatih.... How brave you are kak, really proud of you !

Dan sekarang dia sudah pede, menggenjot sepedanya dengan yakin, hanya tinggal lebih 'soft' saja dalam belok dan ngerem. 

Dalam belajar mungkin kamu jatuh, kamu sakit, malu, atau putus asa. Namun kuncinya hanya satu, DON'T GIVE UP ! Kamu hanya perlu bangkit dan bangkit lagi, process sometimes so painful but the result will be ...

Foto adalah dokumentasi Biya ketika mengikuti sepeda hias HUT RI ke-72 (masih roda 4)

Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

Mpo suka naik sepeda karena sekolah selalu naik sepeda sama datuk . Sampai sekarang masih suka naik sepeda

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus